Rabu, 26 April 2017

Menerjemahkan Lagu Rek Ayo Rek Dari Jawa Timur

Saya akan menerjemahkan sebuah lagu yang berasal dari Jawa Timur untuk sedikit memahami isi lagu tersebut. Saya akan membuat sebuah karya tulis kecil yang mungkin dapat membantu untuk memahami lagu yang akan saya bahas ini. Lagu yang sangat mungkin sudah sering di dengarkan orang masyarakat terutama masyarakat jawa khususnya jawa timur. Kenapa saya ambil lagu ini karena lagu itu merupakan lagu daerah saya, jadi maksud saya agak lebih memudahkan saya dalam menerjemahkan sebuah lagu ini. Dan bisa memberikan sedikit pemahaman tentang lagu ini kepada beberapa masyrakat yang belum pernah dengar lagu tersebut. Saya menerjamahkan ini beberapa menggunakan translate, tapi banyak saya terjemakan dengan pengetahuan bahasa jawa saya. Meski sedikit kurang terlalu merajai bahasa jawa itu sendiri saya.

Rek Ayo Rek

Rek ayo rek mlaku mlaku ning tunjungan
Rek ayo rek rame rame bebarengan

Cak ayo cak sopo gelem melu aku
Cak ayo cak golek kenala cah ayu

Ngalor ngidul lewat toko ngumbah moto
Masih yo mung nyenggal nyenggol ati lega

Sopo ngerti nasib awak lagi mujur
Kenal anak’e sing dodol rujak cingur

Jok dipikir kon podho gak duwe sangu
Jok dipikir angger podho gelem maku

Mangan tahu jok di campur nganggo timun
Malam minggu gak apik digowo nglamun

Translate :

Kawan Ayo Kawan

Kawan ayo kawan jalan-jalan ke Tunjungan
Kawan ayo kawan ramai-ramai bersamaan

Kak ayo kak siapa yang mau ikut saya
Kak ayo kak cari kenalan perempuan cantik

Kesan kesini lewat toko menggunakan motor
Ada hanya untuk bersenggolan membuat hati lega

Siapa tau nasip saya lagu baik
Kenal dengan anaknya yang jualan rujak cingur

Jangan dipirkan kamu tidak punya uang sangu
Jangan di pikir anggar mau dengan aku

Makan tahu jangan di campur dengan timun
Malam minggu tidak bagus di bawa ngelamun

Lagu ini menceritakan sebuah pertemana yang mengajak temannya untuk jalan saat malam minggu untuk mencari hiburan jangan hanya diam sendiri dirumah. Dia mengajak untuk jalan-jalan ke daerah namanya tunjungan dan mencari-cari perempuan disana siapa tau saja dapat sambil makan rujak cingur. Lagu ini merupakan lagu yang merupakan lagu yang mungkin di kalangan orang dewasa sudah biasa di dengar dan terkadang anak-anak sudah banyak dengar.

Mengenai lagu ini saya menemukan suasan dimana sebuah pertemanan yang erat untuk tak membiarkan temannya sendiri saat malam. Mengajak untuk ramai-ramai berjalan bersama agak tak gundah memikirkan yang pusing di pirkan. Suasana romantis pun ada di dalam lagu tersebut sisi dimana pertemanan yang akrab. Lagu ini juga seraya memberikan sebuah makna untuk jalan-jalan lepes penat tak usah terlalu memikirkan uang berlebihan bersama teman. Cukup dengan makan biasa seperti hanya makan rujak cingur setelah jalan-jalan saja di pinggiran toko.

“Ada hanya untuk bersenggol membuat hati lega” menurut saya itu maksud dari kata-kata itu saat jalan-jalan disana meski hanya bersenggolan dengan seseorang wanita. Mungkin kita dapat bahagia dan membuat hati lega meskitak sengaja siapa tau saja saat bersenggolan membuat jatuh cinta. Dan mungkin maksud lirik ini adalah ayoo lah berjalan berdian diri meski dan mungkin hanya untuk bersenang-senang siapa tau tiba-tiba dapat keberuntungan tak di sengaja.

Dari lirik lagu di bait pertama “Kawan ayo kawan jalan-jalan ke Tunjungan” dari lirik itu terdapat kata Tunjungan dan itu bermaksudkan adalah sebuah tempat pembelajaan yang terdapat di Jawa Timur, dan tepatnya di Surabaya. Dari lagu ini kta juga dapat mendapat satu tempat tujuan belanja yang terdapat di daerah Jawa Timur sebagai tujuan para wisatawan yang ingin berbelanja dan mungkin hanya mampir untuk jalan-jalan dan melihat-melihat disana.

Dari lirik lagu “Kenal dengan anaknya yang jualan rujak cingur” itu terdapat kata-kata mungkin di artikan saat makan rujak karna asik berbincang dan sepaham dengan penjualnya sehingga dapat di kenalkan dengan anaknya. Tapi itu asumsi saya semata yang mungkin menuju kesana. Saat jalan malam minggu dan asik bercakap dengan penjual mendapatkan gadis pula meski hanya dengan makan rujak cingur di pinggir jalan.

Sekian penjelasan saya mungkin bisa membantu untuk maksud dari lagu ini yang belum bisa memahaminya. Meski mungkin saya kurang baik untuk menerjemahkam lagu tersebut dengan baik. Terima kasih sekian.

1 komentar: